B4? Yups!! Bye Bye Bau Badan!!

Kita lihat apa penyebabnya

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfumgsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Bagaimana mengontrol bau badan?

Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri. Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh dibersihkan dengan optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dengan dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yan terbaik- akan membantu mengurangi bau badan. Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk melakukan proses penguraian. Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tidak bisa menguraikannya.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggunaan deodorant dan antiperspirant. Deodoran mengandung antiseptik yang menekan pertumbuhan bakteri, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat mengurangi keringat yang keluar. Sekarang tersedia banyak produk yang sekaligus mengandung deodorant dan antiperspirant. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang cocok dan aman bagi kulit.

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa kandungan makanan yang dapat memicu bau badan, misalnya bawang putih dan bawang Bombay. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih.

Resep-resep di bawah ni berdasarkan komen2 di situs muslimah.or.id, katanya sih sudah dibuktikan..

2. Islam itu indah. Kebersihan itu sebagian dari pada iman. Masa musilmah kok bau..!? Ini merupakan perkara kecil yg besar.Trutama lagi bagi yg sudah menikah. Khususnya di dekat suami. Saran saya yg murah dan insya Allah cespleng, beli batu/bubuk TAWAS. Bisa dibeli di pasar2 tradisional (di tukang kembang jg ada) Usapkan di ketiak setiap setelah mandi (dlm keadaan ketiak masih basah oleh air mandi).Baik bentuk yg sudah dihancurkan/ masih bongkahan. Yg bongkahan lebih praktis. Bisa dibawa kemana-mana seperti deodoran. Nah selamat mencoba. Jangan lupa niat untuk ibadah karena Allah. Mudah2an Allah berikan kesembuhan. Mari kita jaga imej Islam dengan membasmi bau badan!

3.Saya ada solusi dengan bau badan, sekarang semuanya bisa diatasi walaupun gak pake parfum, saya belajar dari sepupu karena ia menggunakan gula batu atau yang disebut tawas yang di hancur hingga jadi tepung oleh ke bagian ketiak setelah selesai mandi, itu terbukti keringat yang keluar gak bakalan bauuuuuu, selamat mencoba!

4.satu saran lagi, rajin2 mengganti pakaian yang telah dipakai. Paling tidak sekali sehari… Apalagi ketika telah berkeringat, pakaian yang telah digunakan, langsung dicuci saja. Perhatikan pula cara mencuci baju,.

5.assalamu’alaikum, tips yg bermanfaat, btw pengin tanya. memangnya gula batu=tawas?? apa ga’ beda? kalau pake’ gula batu apa nanti malah nggak lengket??kan gula? setau saya kalau tawas lebih netral, dan memang sangat manjur buat ngilangin bau badan. dulu pernah dapet dari ibu guru PKK SMP dan juga sudah saya terapkan. tapi, sempat berhenti karena nggak tahu dimana tempat ngedapetin tawas, tapi melalui info teman2disini jadi tahu. Syukron (adm: beda dunk Bu, tawas mah garam Aluminium, gula batu mah karbohidrat).

6.100% pake salep 88.bau badan langsung kabur. ngacirrrr😀

7.Makan kemangi yg banyak terutama di saat makan sahur dan berbuka puasa, sbg lalapan dng ayam bakar sambal tomat mentah. Atau tempe penyet. Nikmaaatt.

8.Ada solusi lain yang pernah diajarkan oleh ayah saya,
coba menggunakan air kapur sirih.
Tapi jangan banyak2. Cukup dioleskan sedikit saja secara rutin pada ketiak. Insya Allah baunya hilang

9.ana saran minum jamu dan rajin luluran. lakukan ini tiap hari luluran tiap mandi…alhamdulillah ana gak pernah masalah dengan bau badan.Dan pilihlah sabun yang mengandung pelembab.Jangan makanan yang merangsang bau badan. Rajin minum teh hijau..disamping menghilangkan toksik dikulit dan tubuh juga untuk melangsingkan tubuh.Rajin berolahraga, minimal lari lari pagi atau olahraga push up dikamar. Pilihlah kosmetika herbal lebih baik. Misal kita sebagai wanita rajin di dapur. Mgkin agak aneh jadinya. Namun kebersihan sebagian dari iman. Gini… Habis masak dan berbenah dirumah,langsung mandi. dan lakukan ini sampai kita hobi mandi istilahnya. Kan seger tu.. Ya.. bisa luluran, atau body foam. Lakukan ini selalu. Ana dulu bisa mandi sampai 5 kali sehari. Tiap habis dari tempat kotor mandi, habis nyuci baju mandi. apalagi habis masak mandi.Emang aneh kedengarannya. Tapi termasuk murah n mudah kan…Insya Allah. RAJIN MINUM JUS KALO BISA….

Nah…resep2 diatas silakan dicoba, (adm; tapi harap dipilah-pilih…)