Anakku, Alloh menghendaki kemudahan bagi hambaNya dan tidak menghendaki kesulitan. Maka hanya orang-orang yang malas dan durhakalah yang menganggap bahwa perkara dien ini adalah berat dan sulit. Wallohulmusta’an.

Anakku, qashar adalah merngkas sholat yang empat rokaat menjadi dua rokaat dengan membaca surah Alfatihah dan surah. Adapun maghrib dan Shubuh tak boleh diqasher karena maghrib tiga rokaat dan Shubuh dua rokaat.

Anakku, Alloh berfirman dalam Alquran, “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tdaklahmengapa kamu mengqhashar kan sholat(mu).”(An Nisa:101)

Dan sabda Nabi (salawat dan salam atasnya), “Qashar adalah sedekah yang dberkan Alloh untukmu, maka terimalah olehmu sedekah itu.”(Muttafaq ‘alaih).

Anakku, sholat qashar adalah sunnah muakkad yang terus dikerjakan Rosululloh (salawat dan salam atasnya) selama beliau bepergian dan  beliau mengerakannya bersama para sahabat.

Anakku, adapun batas suatu perjalanan yang boleh menngqashar sholat maka Nasi (salawat dan salam atasnya) tidak memberkan batasan. Namun jumhur sahabat, tab’n dan para mam menyakskan bahwa perjalanan yang dipakai Rosulluoh (salawat dan salam atasnya) untuk mengqhashar shalat berjarak sekitar empat burd . Mereka perkirakan empat burd itu sekitar empat puluh delapan mil atau sekitar 76,8 Km (1 mil sama dengan 1,6 Km), yaitu batas terendah jarak  perjalanan yang boleh mengqashar sholat.