Asam Oksalat versus Kalsium

2 Komentar

Asam oksalat terdapat pada selada, kobis, bunga kol (terutama brokoli), kacang hijau, buncis dan dalam jumlah sedikit pada semua sayuran dan buah-buahan.

Tapi tau ga, asam oksalat bersama-sama dengan kalsium dalam tubuh manusia membentuk senyawa yang tak larut dan tak dapat diserap tubuh, dan mencegah penggunaan kalsium yang juga terdapat dalam produk-produk yang mengandung oksalat! Lebih dari itu, asam oksalat dan garamnya yang larut air dapat membahayakan, karena senyawa tersebut bersifat toksis!

Tertarik?

Asam oksalat adalah asam dikarboksilat yang hanya terdiri dari dua atom C pada masing-masing molekul, sehingga dua gugus karboksilat berada berdampingan. Karena letak gugus karboksilat yang berdekatan, asam oksalat mempunyai konstanta dissosiasi yang lebih besar daripada asam-asam organik lain. Besarnya konstanta disosiasi (K1) = 6,24.10­­­­-2 dan K2 = 6,1.10-5). Dengan keadaan yang demikian dapat dikatakan asam oksalat lebih kuat daripada senyawa homolognya dengan rantai atom karbon lebih panjang. Namun demikian dalam medium asam kuat (pH <2) proporsi asam oksalat yang terionisasi menurun.

Sifat-sifat umum Asam Oksalat

Asam oksalat dalam keadaan murni berupa senyawa kristal, larut dalam air (8% pada 10o C) dan larut dalam alkohol. Asam oksalat membentuk garam netral dengan logam alkali (NaK), yang larut dalam air (5-25 %), sementara itu dengan logam dari alkali tanah, termasuk Mg atau dengan logam berat, mempunyai kelarutan yang sangat kecil dalam air. Jadi kalsium oksalat secara praktis tidak larut dalam air. Berdasarkan sifat tersebut asam oksalat digunakan untuk menentukan jumlah kalsium. Asam oksalat ini terionisasi dalam media asam kuat.

Bahan Makanan yang Mengandung Asam Oksalat

Asam oksalat dapat ditemukan dalam bentuk bebas ataupun dalam bentuk garam. Bentuk yang lebih banyak ditemukan adalah bentuk garam. Kedua bentuk asam oksalat tersebut terdapat baik dalam bahan nabati maupun hewani. Jumlah asam oksalat dalam tanaman lebih besar daripada hewan. Diantara tanaman yang digunakan untuk nutrisi manusia dan hewan, atau tanaman yang ditemukan dalam makanan hewan; yang paling banyak mengandung oksalat adalah spesies Spinacia, Beta, Atriplex, Rheum, Rumex, Portulaca, Tetragonia, Amarantus, Musa parasisiaca. Daun teh, daun kelembak dan kakao juga mengandung oksalat cukup banyak. Demikian juga beberapa spesies mushrooms dan jamur (Asperegillus niger, Baletus sulfurous, Mucor, Sclerotinia dan sebagainya.) menghasilkan asam oksalat dalam jumlah banyak (lebih dari 4-5 gram untuk setiap 100 gram berat kering), baik dalam bentuk penanaman terisolasi dan dalam bahan makanan atau makanan ternak dimana jamur tersebut tumbuh.

Distribusi asam oksalat pada bagian-bagian tanaman tidak merata.Bagian daun umumnya lebih banyak mengandung asam oksalat dibandingkan dengan tangkai, sedangkan dalam Poligonaceae, kandungan asam oksalat pada petiole hamper dua kali lebih besar daripada tangkai. Umumnya daun muda mengandung asam oksalat lebih sedikit dibandingkan dengan daun tua. Misalnya pada daun Chenopodiaceae, proporsi asam oksalat dapat bertambah dua kali lipat selama proses penuaan.

Bahan makanan yang mengandung oksalat dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu;

a. Produk-produk dimana miliequivalen asam oksalat yang terkandung jumlahnya 2-7 kali lebih besar daripada kalsium, seperti bayam, orach, daun beet dan akar beet, sorrel, sorrel kebun, kelembak dan bubuk kakao. Bahan makanan ini tidak hanya menyebabkan kalsium yang terkandung di dalamnya tak dapat dimanfaatkan tetapi dengan besarnya asam oksalat yang terkandung dapat mengendapkan kalsium yang ditambahkan dari produk-produk lain, atau jika tidak ada kalsium yang ditambahkan, dapat berpengaruh toksis.

b. Pada produk-produk seperti kentang, amaranth, gooseberries, dan currants, asam oksalat dan kalsium terdapat dalam jumlah yang hampir setara (1±0,2), dengan demikian diantara keduanya saling menetralkan/menghapuskan, olah karena itu tidak memberikan kalsium yang tersedia bagi tubuh. Tetapi mereka tidak merngganggu penggunaan kalsium yang diberikan oleh produk lain dan oleh karena itu tidak menimbulkan pengaruh anti mineralisasi seperti pada produk kelompok pertama.

c. Bahan makanan yang meskipun mengandung asam oksalat dalam jumlah yang cukup banyak, tapi karena pada bahan tersebut kaya akan kalsium, maka bahan makanan tersebut merupakan sumber kalsium. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah selada, dandelion, cress, kobis, bunga kol (terutama brokoli), kacang hijau, dan terutam green peas, koherabbi, block raddish, green turnip, dan dalam jumlah sedikit pada semua sayuran dan buah-buahan.

Pengaruh Asam Oksalat terhadap tubuh manusia.

Asam oksalat bersama-sama dengan kalsium dalam tubuh manusia membentuk senyawa yang tak larut dan tak dapat diserap tubuh, hal ini tak hanya mencegah penggunaan kalsium yang juga terdapat dalam produk-produk yang mengandung oksalat, tetapi menurunkan CDU dari kalsium yang diberikan oleh bahan pangan lain. Hal tersebut menekan mineralisasi kerangka dan mengurangi pertambahan berat badan.

Asam oksalat dan garamnya yang larut air dapat membahayakan, karena senyawa tersebut bersifat toksis. Pada dosis 4-5 gram asam oksalat atau kalium oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa, tetapi biasanya jumlah yang menyebabkan pengaruh fatal adalah antara 10 dan 15 gram. Gejala pada pencernaan (pyrosis, abdominal kram, dan muntah-muntah) dengan cepat diikuti kegagalan peredaran darah dan pecahnya pembuluh darah inilah yang dapat menyebabkan kematian.

Mengurangi Konsumsi senyawa Asam Oksalat

Karena pengaruh distropik oleh oksalat tergantung pada ratio molar antara asam oksalat dan kalsium, hal itu dapat dicegah melalui cara, yaitu

1. Menghilangkan oksalat dengan membatasi konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung oksalat yang larut, yaitu dengan menghindari makan dalam jumlah besar atau juga menghindari makan dalam jumlah kecil tetapi berulang-ulang. Mengkombinasikan beberapa makanan yang banyak mengandung oksalat perlu juga dihindari.

2. Dengan cara menaikkan supply kalsium yang akan dapat menetralkan pengaruh dari oksalat.

3. Memasak bahan makanan yang mengandung asam oksalat hingga mendidih dan membuang airnya sehingga dapat memperkecil proporsi asam oksalat dalam bahan makanan.

source:http://geasy.wordpress.com/2007/06/15/kenali-zat-anti-gizi-5-asam-oksalat/

ProKontra penambahan garam pada MPASI

Tinggalkan komentar

> From: dianprima_depe
> Subject: [mpasirumahan] [info] Soal Garam & Yodium
> To: mpasirumahan@yahoogroups.com
> Date: Friday, January 9, 2009, 7:27 PM
> Dear ibuk-ibuk, terutama mbak Novrita (atau Novita) yang
> lagi sedih…
>
> Saya terus terang ikutan sedih baca ceritamu. Berasa banget
> dihakimi
> sama orang yang sebenrnya nggak teralu ngerti duduk
> permasalahannya, dan
> kita sendiri nggak bisa ngejelasin dengan sempurna karena
> keburu
> panik…
>
> Kebetulan saya ada simpenan link yang mengetengahkan
> artikel soal
> yodium/iodine ini. Artikel ini menurut saya valid karena
> didukung
> referensi yang relevan.
>
> bisa cek DISINI
>
> yaa…
>
> semoga bisa jadi referensi mbak ngejelasin ke ibu-ibu
> posyandu ituh (dan
> sapa tau malah diangkat jadi pengurus,,, hehehe)
>
> Dari artikel tersebut, yang bisa disampaikan adalah sbb:
>
> pertama-tama yangharus disampaikan pada mereka, yodium
> TIDAK hanya
> terdapat di garam beryodium. Sumber terbesar alami yodium
> bisa didapat
> dari yogurt, telur, ikan laut, wakame/rumput laut. Jadi
> nggak perlu
> bikin asin pada masakan anak demi ngambil yodium-nya.
>
> berkaitan dengan makanan tersebut (dimana rata2 baru boleh
> diberikan
> sekitar 7 bulan keatas) harus diketahui berapa jumlah
> yodium yang
> dibutuhkan oleh si anak. ini dia chartnya (masih diambil
> dari artikel
> world healthiest food diatas) :
>
> * 0-6 bln: 110 mcg
> * 7-12 bln: 130 mcg
> * 1-8 th: 90 mcg
> * anak laki-laki 9-13 thn: 120 mcg
> * anak perempuan 9-13 thn: 120 mcg
> * anal laki-laki 14-18 thn : 150 mcg
> * ank perempuan 14-18 thn: 150 mcg
> * laki-laki dewasa 19 thn keatas : 150 mcg
> * perempuan dewasa 19 tahun keatas : 150 mcg
> * perempuan hamil 14 tahun keatas : 220 mcg
> * ibu menyususi 14 tahun keatas : 290 mcg
> Pada saat bayi berumur 0-6 bulan, sumber yodium tentu saja
> berasal dari
> ASI..Pasti cukup! Nggak pernah denger kan cerita bayi
> gondokan ?
> Hahahaha…
>
> Atau kalo bayinya emang dengan sangat kepaksa minum susu
> formula,
> namanya juga susu FOR MU LA, pasti udah diformulasikan
> supaya mencukupi
> kebutuhan zat2 penting bagi bayi.. termasuk si yodium itu.
> Cek aja
> kandungan nutrisinya. (walopun sufor pasti nggak akan
> sehebat ASI
> tentunya (big smile)
>
> Nah, di umur 6 bulan pas… masih belajar mamam, dan
> biasanya masih
> belajar mamam. Biasanya buburnya cuman ditambah ASI/sufor.
> Cukup lah
> yaww… masih banyak ASI juga to?
>
> Nahhhh.. meningkat ke 7 bulan, mulai boleh deh dicobain
> makanan lain
> yang tentu saja mengandung yodium. Toh penambahan
> kebutuhan yodium
> cuman dikit, mengingat dalam tubuh kita (dalam keadaan
> normal) sudah
> tersimpan yodium.
> Plus, pemberian ASI kan emang sebaiknya diteruskan sampai
> umur 2 tahun
> bukan?
>
> MPASI plus ASInya Insya Allah bisa mencukupi kebutuhan
> yodium.
>
> Jadi, tujuan kita ber MPASI Rumahan Alami dengan tujuan
> mengenalkan rasa
> alamiah bermacam makanan tanpa harus repot-repot nambahin
> garem-gula
> yang malah ngerepotin kerja organ dalam bayi sudah
> tercapai. Plus,
> mendapat sumber mineral, gizi serta vitamin dari
> ‘sumber aslinya’
>
> Demikian ya buuu.. moga-moga melegakan… Jangan bikin
> ‘gondok’ diri
> sendiri dengan pendapat ibu-ibu yang belum mengerti manfaat
> MPASI
> Rumahan yang Alami ya… kalo bersedia ya dikasi tau, kalo
> nggak ya
> udah… :-))
>
> PS : @novi… Ditunggu pesta pengangkatan jadi pengurus
> posyandu ya Nov!
> heheheheheh….
>
>
> Salam
>
> depezahrial

Yodium, Sepenting Apakah Untuk Tubuh?

Tinggalkan komentar

Anda pasti tidak asing lagi dengan yodium. Jenis mineral ini, selalu dihubung-hubungkan dengan garam. Bahkan WHO, lembaga kesehatan dunia milik PBB, pernah mencanangkan gerakan konsumsi garam beryodium di negara berkembang. Mengapa?

Sebenarnya yodium hanyalah mineral yang ‘dititipkan’ pada garam. Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat di dunia menggunakan garam untuk memasak. Namun, sumber yodium terbesar adalah seafood, seperti: kerang, udang, rumput laut dan aneka ikan serta hasil olahannya.

Peran yodium bagi tubuh

Yodium tergolong sebagai mikro mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam tubuh, yodium sangat dibutuhkan oleh kelenjar tiroid (kelenjar yang agak besar dan berada di leher depan bagian bawah). Oleh kelenjar tiroid, yodium digunakan untuk memproduksi tiroksin. Tiroksin adalah hormon yang mengatur aktivitas berbagai organ, mengontrol pertumbuhan, membantu proses metabolisme, bahkan menentukan berapa lama seseorang bertahan untuk hidup.

Jika persediaan yodium di dalam tubuh sangat rendah maka kelenjar tiroid akan membesar sehingga membentuk benjolan pada leher yang biasanya disebut penyakit hipotiroid. Meski sama-sama mengalami pembengkak pada bagian leher, hipotiroid berbeda dengan penyakit gondok (goitre) yang disebabkan karena virus.

Jika tidak segera diobati, penderita hipotiroid akan mengalami anemia, sistem pernafasan melemah, penderita mengalami kejang, sehingga aliran darah ke otak berkurang sampai akhirnya terjadi gagal jantung.

Pada ibu hamil, kekurangan hormon tiroid, dikhawatikan bayinya akan mengalami cretenisma, yaitu tinggi badan di bawah ukuran normal (cebol) yang disertai dengan keterlambatan perkembangan jiwa dan tingkat kecerdasan.

Tanda-tanda lain akibat hipotiroid ialah kelopak mata tampak lebih cembung, muka kelihatan suram, lesu, rambut kasar, lidah bengkak dan suara parau.

Lalu, apa yang terjadi jika tubuh kita kelebihan yodium?

Kelebihan yodium di dalam tubuh dikenal juga sebagai hipertiroid. Hipertiroid terjadi karena kelenjar tiroid terlalu aktif memroduksi hormon tiroksin. Biasanya ditandai gejala mudah cemas, lemah, sensitif terhadap panas, sering berkeringat, hiperaktif, berat badan menurun, nafsu makan bertambah, jari-jari tangan bergetar, jantung berdebar-debar, bola mata menonjol serta denyut nadi bertambah cepat dan tidak beraturan.
Paling aman adalah kecukupan yang ideal!

Untuk memenuhi kecukupan yodium sebaiknya di dalam menu sehari-hari sertakan bahan-bahan pangan yang berasal dari laut. Kebutuhan yodium perhari sekitar 1-2 mikrogram per kg berat badan. Kecukupan yang dianjurkan sekitar 40-120 mikrogram/ hari untuk anak sampai umur 10 tahun, 150 mikrogram/ hari untuk orang dewasa. Untuk wanita hamil dan menyusui dianjurkan tambahan masing-masing 25 mikrogram dan 50 mikrogram/ hari.

source: http://www.conectique.com/tips_solution/diet_nutrition/nutrition/article.php?article_id=4726

Ebook2009

Tinggalkan komentar

****numpang promosi…bantuin suami..####

Anda seorang Internet Marketer pemula? Pusing dengan banyaknya Ebook
Bisnis?!

[Paket Ebook2009 adalah kumpulan E-book Bisnis dan Internet Marketing
yang populer dan banyak diminati pada tahun 2008]

Yang lain Pakai Domain Bayar, Tapi Membuat Anda Marah…

Ebook2009 pakai Domain Gratis Untuk Lebih Murah

STOP Browsing! dan dapatkan semuanya disini…

Produk Ebook2009 merupakan sebuah paket informasi dalam format eBook
(PDF). Paket ini terdiri dari Ebook Bisnis dan Ebook Tutorial

Ebook Bisnis

1. 14 Kesalahan Fatal, Mengapa Gagal, dan Surat Pribadi Untuk Pebisnis
(Joko Susilo – Owner FormulaBisnis.com)

2. Strategi Ampuh Promosi di Internet (Carabinis.com)

3. Google Adsense Success Story (Cosa Aranda)

4. Asian Brain Modul 1. (Anne Ahira – Sekolah Internet Marketing Pertama)

5. Bisnis Via Pos

6. Preman Internet (Peter Kohar – premaninternet.com)

7. Rp.1 juta pertama (1jutarupiah.com)

dan masih banyak lagi… Total EBook Bisnis lebih dari 20 judul dan
akan terus bertambah setiap bulannya (semuanya berbahasa Indonesia).
Anda bisa dengan mudah mempelajari tawaran-tawaran bisnis dan
menimbang sebelum memutuskan untuk bermitra dengan siapa. Jangan
sembarangan mengikuti bisnis reseller atau afiliasi! Masing-masing ada
kekurangan dan kelebihannya!

Ebook Tutorial

1. Tutorial Membuat Blog dengan Blogger, 2. Panduan Membuat Blog WordPress

3. Belajar Membuat Website, 4. Membuat Web dengan Domain dan Hosting
Gratis, 5. Tutorial Web Desain (Dreamweaver), 6. Instalasi Joomla di
Server Localhost, 7. Instalasi WordPress di Localhot, 8. Instalasi
Wordpres dengan Domain dan Hosting Gratis, 9. Panduan Google Adsense
(for beginner)dan masih banyak lagi…

Total EBook Tutorial lebih dari 30 judul (semuanya berbahasa
Indonesia). Anda bisa dengan mudah mempelajari mencoba panduan-panduan
tersebut sebagai modal untuk terjun ke dunia bisnis internet ataupun
untuk Life skill yang suatu saat berguna bagi Anda. LEBIH DETAIL
PRODUK, KLIK DISINI!

TOTAL KESELURUHAN EBOOK DALAM PAKET INI ADALAH LEBIH DARI 70 JUDUL
(EBOOK BERBAHASA INDONESIA)

kunjungi http://ebook2009.co.cc for more details!

salaam,

UMMU mesia’s husband
Jalan Taman Bunga No.399, Bogor
085710335757
jejaringbisnis@…
http://ebook2009.co.cc

Ebook2009

Tinggalkan komentar

****numpang promosi…bantuin suami..####

Anda seorang Internet Marketer pemula? Pusing dengan banyaknya Ebook
Bisnis?!

[Paket Ebook2009 adalah kumpulan E-book Bisnis dan Internet Marketing
yang populer dan banyak diminati pada tahun 2008]

Yang lain Pakai Domain Bayar, Tapi Membuat Anda Marah…

Ebook2009 pakai Domain Gratis Untuk Lebih Murah

STOP Browsing! dan dapatkan semuanya disini…

Produk Ebook2009 merupakan sebuah paket informasi dalam format eBook
(PDF). Paket ini terdiri dari Ebook Bisnis dan Ebook Tutorial

Ebook Bisnis

1. 14 Kesalahan Fatal, Mengapa Gagal, dan Surat Pribadi Untuk Pebisnis
(Joko Susilo – Owner FormulaBisnis.com)

2. Strategi Ampuh Promosi di Internet (Carabinis.com)

3. Google Adsense Success Story (Cosa Aranda)

4. Asian Brain Modul 1. (Anne Ahira – Sekolah Internet Marketing Pertama)

5. Bisnis Via Pos

6. Preman Internet (Peter Kohar – premaninternet.com)

7. Rp.1 juta pertama (1jutarupiah.com)

dan masih banyak lagi… Total EBook Bisnis lebih dari 20 judul dan
akan terus bertambah setiap bulannya (semuanya berbahasa Indonesia).
Anda bisa dengan mudah mempelajari tawaran-tawaran bisnis dan
menimbang sebelum memutuskan untuk bermitra dengan siapa. Jangan
sembarangan mengikuti bisnis reseller atau afiliasi! Masing-masing ada
kekurangan dan kelebihannya!

Ebook Tutorial

1. Tutorial Membuat Blog dengan Blogger, 2. Panduan Membuat Blog WordPress

3. Belajar Membuat Website, 4. Membuat Web dengan Domain dan Hosting
Gratis, 5. Tutorial Web Desain (Dreamweaver), 6. Instalasi Joomla di
Server Localhost, 7. Instalasi WordPress di Localhot, 8. Instalasi
Wordpres dengan Domain dan Hosting Gratis, 9. Panduan Google Adsense
(for beginner)dan masih banyak lagi…

Total EBook Tutorial lebih dari 30 judul (semuanya berbahasa
Indonesia). Anda bisa dengan mudah mempelajari mencoba panduan-panduan
tersebut sebagai modal untuk terjun ke dunia bisnis internet ataupun
untuk Life skill yang suatu saat berguna bagi Anda. LEBIH DETAIL
PRODUK, KLIK DISINI!

TOTAL KESELURUHAN EBOOK DALAM PAKET INI ADALAH LEBIH DARI 70 JUDUL
(EBOOK BERBAHASA INDONESIA)

kunjungi http://ebook2009.co.cc for more details!

salaam,

UMMU mesia’s husband
Jalan Taman Bunga No.399, Bogor
085710335757
jejaringbisnis@…
http://ebook2009.co.cc

twodriverononedrive

2 Komentar

I just say, “It’s not healthy also not wealthy.”

I never think before, it could be very not comfy like this. Pada awalnya saya memang bisa menangani kegalauan hati hingga membuatnya tenang kembali. Seiring waktu berjalan, saat kondisi memiliki cukup alasan untuk membuatku tertekan atleast merasa ‘tertekan’, lagi lagi saya ngeblame, “Title itu lah yang membuatnya semakin rungsing!”

Ya. Saya faham, bahwa orang yang paling bertanggung jawab terhadap hal ini, memang tengah berusaha untuk menyediakan solusinya.

Namun, saya kok belum ngeklop ya sama jawaban-jawabannya. Apa belum selesai pembicaraan itu?

Ya, kita lihat saja nanti.  Saya yang akan jadi perempuan super atau malah semakin fragile dan mundur (semoga mundur untuk maju).

++++feelunderintervensionfeellebaaytapigajugadeh++++

INNa every cloud has silver line. There’re so many proof s, if it’s not here, then here after..

***********

Insyalloh someday…

Tegaklah badan ini di atas kakinya sendiri

Insyalloh someday…

Terwarnailah ia dengan warnanya sendiri

Insyalloh someday…

Jelaslah di mana ia dan siapa ia

********

dlm perjalanan yang baru saja dimulai, dalam harapan yang baru saja diazzamkan, dalam penantian atas otoritas dan eksistensi yang baru saja dicanangkan

Sungguh dunia hanya sebentar saja…

++++++++

Bisakah yang sebentar itu, undermycolourRobb?

========

manusia itu banyak mengeluh!

***********

hiks….hiks…..  ;( ;( ;( ;(

Memulai MPASI, dengan Bubur Tepung Beras atau Buah?

Tinggalkan komentar

Pada acara Kopdar Sharing and Caring, HUT Pertama AIMI di Jakarta, salah seorang pembicara yaitu seorang Pemerhati Gizi, Ibu dokter Tan Shot Yen memberikan pernyataan bahwa

MPASI MESTINYA DIMULAI DENGAN BUAH, BUKAN DENGAN TEPUNG BERAS.

Mungkin dasarnya begini:

– Buah-buahan dan sayuran sebenarnya mengandung karbohidrat juga,
bahkan termasuk jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh. Jenis karbohidrat ini mengalami proses yang lambat saat akan diubah menjadi gula (buah mengandung 70% frukrosa dan sayur mengandung 30% frukrosa) karena ikatan kimiawinya yang panjang dan kuat, sehingga tidak mudah rapuh.
Sementara karbohidrat yang berasal dari beras/pati/roti merupakan jenis
karbohidrat yang buruk karena ikatan kimiawinya yang ringkih yang
mengakibatkan jenis karbohidrat ini sangat cepat berubah menjadi gula (glukosa, dimana kandungannya 100% glukosa).

– Buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang baik untuk membantu
kerja pencernaan.

– Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan antioksidan yang
tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker.

– Buah-buahan dan sayuran bersifat alkalis yang berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri dan jamur.

Nah, sementara di milis ini kan kita menyarankan memulai MPASI dengan bubur ASI dari bahan tepung beras.
Kalo diingat-ingat lagi, sebenernya kan alasannya seperti ini yah:

Tepung beras adalah jenis makanan pemicu alergi paling rendah, berbeda
dengan buah-buahan atau sayuran yang sangat memungkinkan untuk memicu alergi pada beberapa bayi.
Tepung beras, berdasarkan piramida makanan yang ditetapkan oleh WHO
dan FDA, ditempatkan bersama jenis beras/roti/pati sebagai sumber karbohidrat utama serta sebagai makanan utama buat kita.
Tepung beras memberikan rasa tawar sehingga saat dicampur dengan ASI,
dapat membantu bayi beradaptasi dengan perubahan rasa dari rasa ASI ke rasa makanan pendamping selain ASI. Karena bubur dari bahan tepung beras akan dicampur dengan ASI sehingga menjadi bubur ASI sebagai makanan perkenalan kepada bayi.
Tepung beras atau jenis tepung-tepungan yang lain memiliki komposisi
yang mudah dicerna karena teksturnya yang sangat mirip dengan tekstur ASI saat telah menjadi bubur susu (bubur ASI).
– Kepercayaan yang selama ini kita pegang adalah bahwa sumber
karbohidrat hanya berasal dari beras/tepung/ pati, sedangkan sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Padahal, pada
kenyataannya, sayuran dan buah-buahan juga mengandung karbohidrat,
bahkan jenis karbohidratnya lebih baik.

– Sebenarnya kondisi ideal adalah jika kita kenyang setelah makan
sayuran/buah adalah lebih baik ketimbang kenyang setelah makan
nasi. Karena kalau kita kenyang setelah makan nasi, maka biasanya badan akan terasa lemas. Hal tersebut dipicu oleh meningkatnya hormon insulin akibat karbohidrat yang terlalu cepat berubah menjadi gula dalam
kuantitas yang cukup banyak pula.

– Kondisi mengutamakan sayuran dan buah-buahan lebih dulu mestinya
berlaku juga untuk kita, bukan hanya untuk bayi, karena kita punya
pola makan yang makanan utamanya adalah beras/roti/tepung/ pati. Ibarat kata, hal yang ideal adalah lebih baik mengambil kandungan karbohidrat dari sayuran/buah ketimbang karbohidrat yang berasal dari beras.

– Hal yang sering terjadi adalah, bahwa kita terlanjur dikenyangkan
oleh beras/tepung/ pati sehingga kita tidak mengkonsumsi banyak
sayuran dan buah. Padahal, menurut dokter Tan, mengkonsumsi sayur dan buah saja semestinya sudah mampu mencukupkan semua kebutuhan kita akan gizi, termasuk kebutuhan akan karbohidrat.

– Sebenarnya, proses pengenalan tepung/beras sendiri kan tidak lama
yah. Hanya mungkin sekitar minggu awal MPASI, setelahnya tentu
kita lebih konsentrasi mengenalkan aneka sayuran dan buah.

– Nah, jadi sebenernya nga ada yang bener atau yang salah. Ini
cumanmasalah kebiasaan. Menurut saya, yang disampaikan dokter Tan itu
adalah kondisi yang ideal berdasarkan penelitian ilmiah terbaru. Dan
tentunya tidak salah juga kalau memang ada yang ingin menerapkannya, tapi kalau bisa yah jangan hanya bayinya, tapi ke orang tuanya juga. Karena percuma kalau hanya bayi yang dibiasakan mengkonsumsi sayur dan buah sebagai pengganti karbohidrat (dalam arti kata, bayi/anak tidak lagi mengkonsumsi beras/pati/roti sebagai sumber karbohidrat utamanya) sementara orang tuanya tidak. Anak cenderung meniru orang tuanya, tokh?

diambl dari milis sehat, postingannya Mbak RIEKA

Older Entries